Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
Balai Tekkomdik DIY Laksanakan Validasi Kamus Jawa Dwi Bahasa
Balai Tekkomdik DIY - Dalam rangka melestarikan budaya DIY, sesuai dengan tugas dan fungsinya, Balai Tekkomdik Dinas DIKPORA DIY bersama dengan Tim Pengembang pada tahun 2015 telah mengembangkan Kamus Bahasa Jawa versi Digital. Dalam pengembangan tahap dua di tahun 2016, Balai Tekkomdik DIY berencana menyusun Kamus Digital Bahasa Jawa tersebut dalam dua bahasa, yakni Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia.

Dalam pengembengan kamus tersebut, tentunya membutuhkan ketelitian dan keseriusan. Oleh karena itu, Balai Tekkomdik DIY bekerjasama dengan para pakar Bahasa Jawa untuk merancang kamus tersebut.

Menurut kepala Balai Tekkomdik DIY, Dra. Isti Triasaih menyampaikan pada tahun ini Tim Pengembang Konten telah berhasil menterjemahkan Kamus Bahasa Jawa dalam dua bahasa, mulai dari huruf "A" sampai dengan huruf "M", dengan total kata yang diterjemahkan sejumlah 18.995 kata.

Untuk menyempurnakan kata-kata tersebut, Balai Tekkomdik DIY Pada hari Selasa, 25 Oktober 2016 melaksanakan validasi kamus jawa dwi bahasa. Dengan mengundang para Guru baik Guru Bahasa Jawa maupun Guru kelas, mereka berdiskusi memvalidasi setiap kata yang ada dalam perancangan kamus tersebut.

Sebanyak dua ratus Guru hadir dalam acara tersebut. Dengan dibagi menjadi dua puluh kelompok, mereka saling berdiskusi untuk memvalidasi setiap kata yang ada dalam kamus dwi bahasa tersebut.