Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
Balai Tekkomdik Gelar Kihajar tahun 2016
Balai Tekkomdik - Anugerah Kihajar (Kita Harus Belajar) tahun 2016 tingkat DIY adalah salah satu rangkaian dari Gebyar Anugerah Kihajar Tingkat Nasional tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Pustekkom Kemendikbud. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi, terhadap para Guru dan Siswa yang telah memanfaatkan dan mendayagunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Melalui Kegiatan ini, diharapkan dapat memperluas akses dan mempercepat pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pendidikan, sehingga dapat diukur tingkat kebermanfaatan TIK bagi dunia pendidikan, khususnya bagi para Guru dan pelajar di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan Gebyar Anugerah Kihajar Tingkat DIY akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus hingga 2 September 2016, di Balai Tekkomdik DIY dan Hotel Edotel Kenari. Pembukaan Gebyar Anugerah Kihajar tahun 2016 Tingkat DIY akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2016.

Pelaksanaan Anugerah Kihajar tahun 2016 tahun ini, dirasa lebih spesial dibanding tahun-tahun sebelumnya. Mengapa? Karena pada tahun ini, terdapat lomba-lomba terbaru yang merupakan inovasi baru dari Balai Tekkomdik DIY.

Lomba pertama yang menjadi inovasi kami adalah Lomba Konser Musik dengan iPad. Lomba ini akan dilaksanakan hari ini, diikuti oleh 15 kontestan yang merupakan para siswa SMP dan SMA dari seluruh DIY. Dan menariknya, karena hari ini adalah hari disahkannya UU Keistimewaan DIY, maka para peserta Lomba Konser Musik dengan iPad, tetap menggunakan Pakaian Adat Jawa Gaya Ngayogyakarta. 

Selanjutnya, kami juga berinovasi dengan menyelenggarakan Kontes Inovasi Robotika untuk jenjang siswa SMA, SMK, serta Kontes Inovasi Robotika untuk Guru. Kami juga akan meenyelenggarakan Lomba Pengembangan Game Kodu, dimana dalam lomba ini, para siswa akan mempertandingkan kemampuannya dalam mengembangkan sebuah project Game yang dibangun dengan Software Kodu.

Selain beberapa inovasi tersebut, kami juga tetap melaksanakan kegiatan inti, yakni Lomba Kuis Kihajar tahun 2016, yang diperuntukkan bagi siswa jenjang SD, SMP, dan SMA. Para siswa yang akan bertanding pada ajang Kuis Kihajar tingkat DIY ini, sebelumnya telah kami seleksi secara online maupun offline, sehingga terpilihlah siswa-siswi terbaik yang akan mengikuti Babak Final Lomba Kuis Kihajar tahun 2016 Tingkat DIY. Para siswa terbaik yang nantinya memenangkan ajang Kuis Kihajar tahun 2016 Tingkat DIY, akan kami seleksi lagi, untuk menjadi duta/wakil DIY, di Kuis Kihajar Tahun 2016 Tingkat Nasional.

Kami juga menyelenggarakan Lokakarya yang dilaksanakan di Aula Hotel Edotel Kenari. Kegiatan ini akan diikuti oleh 50 peserta, yang terdiri dari para Guru dari seluruh jenjang, serta para staff Seksi Program/Perencanaan dari BAPPEDA DIY dan Dinas Dikpora Kabupaten/Kota se-DIY. Lokakarya ini mengambil tema “Inovasi Aplikasi, Layanan, dan Sistem Cerdas untuk Pendidikan”.  Tidak tanggung-tanggung, pada Lokakarya ini, kami mengundang 3 orang Narasumber yang merupakan para penggiat dan expert di Bidang Sistem Cerdas, yang berasal dari UNY, Intel Indonesia, dan Microsoft Indonesia.

Tidak lupa, Gebyar Anugerah Kihajar 2016 Tingkat DIY juga dimeriahkan dengan stand Pameran Pendidikan dari Pustekkom Kemendikbud, BPMRPK DIY, Balai Tekkomdik DIY, dan SMKN 5 Yogyakarta. Kegiatan Pameran ini dapat dinikmati oleh para pengunjung, pendamping, maupun peserta lomba, selama 3 hari kedepan, di Kompleks Balai Tekkomdik DIY.

Seluruh Rangkaian kegiatan dalam Anugerah Kihajar 2016 Tingkat DIY, akan melibatkan lebih dari 1500 siswa dan Guru se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kami haturkan terima kasih, atas partisipasi seluruh masyarakat pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam menyemarakkan Gebyar Anugerah Kihajar tahun 2016 tingkat DIY.