Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
Borong 7 Medali Dalam OSN Mahasiswa 2016 “UGM “Juara
Dikpora .DIY-Delegasi Universitas Gadjah Mada sukses memborong 7 medali dalam ajang Olimpiade Sains Nasional Mahasiswa Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) yang berlangsung 27-29 September kemarin di Universitas Mercubuana, Yogyakarta. Dalam kompetisi itu, kontingen UGM berhasil mendominasi perolehan medali dengan perolehan 3 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Tiga emas dipersembahkan oleh Gary Ariel dari bidang matematika, Thomas Edison di bidang kimia, dan Roihan Muhammad Iqbal di bidang biologi. Selanjutnya, 1 perak diperoleh M. Roihan Munajih di bidang kimia. Sementara itu, 3 perunggu disumbangkan oleh Muammar Musa bidang matematika, Yudha Ramanda dari bidang kimia, serta M. Azzam Alwan di bidang fisika.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Ahmad Agus Setiawan, Ph.D., mengaku bangga atas prestasi yang dicapai oleh kontingen UGM pada kompetisi ini. Dari 11 mahasiswa yang berhasil lolos seleksi di tingkat daerah 7 diantaranya berhasil menyumbangkan medali bagi UGM. Keberhasilan tersebut merupakan buah dari usaha dan kerja keras dari mahasiswa serta dukungan dosen pembina, fakultas, serta universitas dalam menyiapkan mahasiswa.
“Cukup bangga dengan hasil yang diraih para mahasiswa di OSN Dikpora ini. Semoga ajang ini bisa menjadi pijakan dan jalan untuk mengikuti kompetisi yang lebih tinggi hingga level internasional,” katanya, Jum’at (30/9) di Kampus UGM.

Ahmad Agus mengatakan UGM berupaya mempersiapkan sejak dini calon-calon mahasiswa yang berpotensi untuk mengikuti berbagai kompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional, termasuk OSN. Berbagai pembinaan dan pelatihan diberikan secara intensif untuk memperkuat kualitas mahasiswa yang akan menghadapi kompetisi.

“UGM terus berupaya meningkatkan pembinaan bagi para mahasiswa. Harapannya, kualitas mahasiswa bisa meningkat dan berprestasi mengharumkan nama UGM di berbagai ajang kompetisi,”ucapnya.

Dalam acara penutupan OSN Dikpora pada Kamis malam (29/9) di Hotel Sahid Raya Yogyakarta, turut diserahkan sejumlah medali kepada para pemenang OSN Dikpora di tingkat DIY. UGM mendapatkan 4 emas, 4 perak, dan 3 perunggu. Dengan demikian total medali yang diperoleh kontingen UGM dalam OSN dan OSD sebanyak 18 medali. 

OSN Dikpora merupakan kompetisi nasional di bidang sains yang mempertandingkan empat bidang perlombaan yaitu matematika, kimia, fisika, serta biologi. Diselenggarakan oleh Dinas Dikpora DIY dan diikuti sebanyak 200 mahasiswa dari 26 perguruan tinggi di Indonesia.