Selamat bergabung dengan Keluarga Besar Civitas Akademika SMKN 2 Yogyakarta. Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
Guru Tamu Kompetensi Teknik Geomatika Kamis, 14 Oktober 2021 – PT. Sampulu Adijaya, Jakarta ,Kamis, 21 Oktober 2021 – PT. Geoinv

     Dalam rangka meningkatkan kompetensipeserta didik dalam bidang survey dan pemetaan serta mempersiapkan pesertadidik menjadi surveyor di era digital saat ini. Kompetensi keahlian TeknikGeomatika SMKN 2 Yogyakarta mengadakan Guru tamu pada bulan Oktober yang akanberlangsung dalam 3 kali pertemuan pada 3 pekan.

     Pertemuan pertama dilaksanakan pada Kamis,14 oktober 2021 yang diawali dengan acara pembukaan dari Bapak DodotYuliantoro, S.Pd.MT  selaku Kepala SMKN 2Yogyakarta yang juga menyampaikan terkait pentingnya melaksanakan Guru Tamuagar siswa memahami beberapa materi yang tidak diajarakan di sekolah bahkanperkembangan-perkembangan baik dari segi keilmuan maupun peralatan survey yangada di IDUKA walaupun untuk saat ini kegiatan tersebut tidak bisa menghadirkanNarasumber secara luring. Besar harapan Bapak Kepala Sekolah kedepannya bisa diagendakanuntuk bertatap muka secara langsung baik di sekolah atau bahkan siswa yanglangsung datang ke DUDI. Hal tersebut juga disambut baik oleh salah satuperwakilan dari IDUKA yaitu Bapak Herman Herfiantoko, ST yang menyampaikanbahwa jika memang ada siswa yang mengkhendaki untuk berkunjung ke DUDI dengansenang hati beliau mempersilahkan siswa SMKN 2 Yogyakarta. Beliau jugamenyampaikan bahwa lulusan SMKN 2 Yogyakarta yang sudah tergabung dalamperusahaannya khususnya kompetensi keahlian teknik geomatika memiliki kemampuanatau skill yang diatas rata-rata dan memiliki kedisiplinan tinggi dimana itumerupakan salah satu ciri lulusan atau alumni SMKN 2 Yogyakarta.

     Pemateri pertama pada pertemuan Guru Tamuini adalah Ibu Riska Aprilia, ST dari PT Sampulu Adijaya Jakarta. Perusahaanini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan. Beliaumenyampaikan materi terkait Produk survey pemetaan pada dunia tambang. Selainitu diakhir pemaparan materi juga diberikan sesi tanya jawab, sharing dandiskusi baik terkait materi yang disampaikan juga diskusi terkait peran danpeluang lulusan kompetensi keahlian teknik geomatika di dunia pertambangan itusendiri.

    Pertemuan kedua dilaksanakanpada Kamis, 21 Oktober 2021. Pada pertemuan ini diisi oleh narasumber dari PT.Geoinvestama Mandiri yaitu Bapak Manggala Adi, S.Si , dimana perusahaan inimerupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa survey danpemetaan. Beliau menyampaikan materi terkait Pembuatan peta resiko tsunami.Dimana peta bahaya tsunami memberi informasi tinggi tsunami, jauhnya landaan,dan waktu tiba tsunami di pantai. Selain itu materi ini juga berkaitan dengansalah satu mata pelajaran yang diajarkan pada kompetensi keahlian teknikgeomatika yaitu SIG (Sistem informasi geografis) yang merupakan merupakansistem berbasis komputer yang digunakan untuk memanipulasi, menganalisis,menyimpan informasi geografis. Dengan Sistem Informasi Geografis (SIG), seluruhdata yang ada pada suatu wilayah dapat dianalisis, disimpan, dimanipulasi,melaluikomputer. Diakhir pemaparan beliau juga melakukan sharing dan memberi motivasikepada siswa teknik geomatika terkait peluang kerja di bidang SIG sertapentingnya pemetaan di era digital saat ini. Disamping itu beliau jugamenyampaikan bahwa jurusan atau kompetensi keahlian ini merupakan kompetensiyang sangat dibutuhkan dan memiliki prospek kerja yang tinggi.