Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
Kemah Pramuka Siswa SMK Tingkat Provinsi
DIKPORA DIY - Sebagai salah satu bentuk untuk pengembangan karakter bangsa dan bela negara, Dikpora DIY mengadakan Pembinaan Karakter bangsa dan bela negara melalui kemah kepramukaan bagi siswa SMK tingkat provinsi tahun 2016 di Pondok Pemuda Ambar Binangun, Yogyakarta.

Kepala Dikpora DIY yang sekaligus menjadi Ketua Panitia, Baskara Aji mengatakan pelaksanaan Pembinaan Karakter bangsa dan bela negara melalui kemah kepramukaan bagi siswa SMK tingkat provinsi tahun 2016 ini dilaksanakan mulai dari tanggal 23-26 September 2016 di pondok pemuda ambar binangun. 

"Kegiatan ini untuk mengembangkan toleransi dalam pembangunan bangsa," jelas Baskara Aji.

Baskara Aji menambahkan bahwa seharusnya pramuka menjadi ekstrakulikuler wajib di setiap sekolah dan sebagai implementasi Kurikulum 2013.

Nantinya, lanjut Baskara Aji, akan dipilih dan sekaligus menyiapkan 9 peserta untuk mengikuti pramuka tingkat nasional. 

"Untuk peserta Pembinaan Karakter bangsa dan bela negara melalui kemah kepramukaan bagi siswa SMK tingkat provinsi tahun 2016 sendiri ada 105 orang peserta," tandasnya. 

Sementara Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X dalam sambutannya mengatakan kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan dengan sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti. "Gerakan pramuka sangat baik dalam pembentukan karakter manusia melalui berbagai jenis latihan dan keterampilan yang diselenggarakan," tandasnya saat membuka Pembinaan Karakter bangsa dan bela negara melalui kemah kepramukaan bagi siswa SMK tingkat provinsi tahun 2016 di Pondok Pemuda Ambar Binangun, Yogyakarta, Jumat (23/9/2016).