Selamat bergabung dengan Keluarga Besar Civitas Akademika SMKN 2 Yogyakarta. Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
MoU Kelas Industri Dengan PT CIFU dan Job Matching SMKN 2 Yogyakarta
Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri  (SMKN) 2 Yogyakarta , Dodot Yuliantoro, S.Pd. M.T melaksanakan penandatanganan piagam kerjasama atau Momerandum of Understanding (MoU) bersama dengan  2  Dunia Industri  dan Dunia Usaha ( DUDI ) yakni PT.CIPTA FUTURA (PT. CIFU) dan Samsung Tech Institute , Kamis ( 26/11/2020 ) diAula SMK N 2 Yogyakarta . Acara tersebut disaksikan oleh Dra IstiTriana,  Kabid DIKMENTI DIKPORA DIY  dan kasi pelindungan dan penempatan Tenaga Kerja dan perluasan kesempatan kerja DIY. Tunggul Bomoaji, ST,M.Eng.

     Wakil Kepala Sekolah HUMAS SMK N 2 Yogyakarta mengatakan penandatanganan MoU tersebut dilakukan untuk lebih meningkatkan Link and Match antara sekolah dan Industri yang terdiri dari berbagai aspek antara lain penyelarasan kurikulum, peningkatan SDM guru melalui magang industri, SDM peserta didik dengan peningkatan Kompetensi, Soft Skill dan Basic Mentality Industri, serta uji sertifikasi peserta didik. M elalui link and match ini ia berharap angka pengangguran di SMK N 2 Yogyakarta khususnya dan lulusan SMK akan lebih diminimalisir .


     Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan   JobMatching  Bursa Kerja Khusus (BKK) Pusat Pengembangan Karir Siswa SMK N 2 Yogyakarta (PPKS SKADUTA)sekaligus launching Kelas Industri PT. CIPTA FUTURA. Sebagaimana diketahui bahwa Job Matching kali inimerupakan salah satu program kerja Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS) yang baru sajaberdiri. PPKS ini sebagai suntikan moral dan stimulus dari Direktorat MITRASDUDI, Dirjen VOKASI, KEMENDIKBUD dengan programnya yaitu fasilitasi pembentukanPPKS/Bursa Kerja Khusus SMK tahun 2020. Kebetulan SMK N 2 Yogyakarta salah satudari 5 SMK Piloting dan 80 SMK penerima program bantuan tersebut.

     PPKS SMK N 2 Yogyakarta mempunyai 5 devisi antara lain, devisi bimbingan konseling, devisi pendidikan dan latihan, devisi kewirausahaan, devisi bursakerja khusus dan devisi IT, Tracer, Promosi. Sumadi, M.Pd berharap PPKS mampu mengurangi angka pengangguran dengan mempersiapkan calon lulusan SMK denganbimbingan karir, dan pelatihan tambahan dan disupport penguatan BKK Sekolah,menjadikan calon lulusan SMK lebih profesional sehingga akan lebih dilirik olehDUDI serta terbuka lebar untuk membuka lapangan kerja baru sebagai interpreneur.

     Job Matching SKADUTA(JMS) I kali ini sangat special karena merupakan tonggak awal dimulainya promosi lulusan SMK di tengahnya terpuruknya ekonomi akibat PANDEMI COVID 19 selain itu merupakan kolaborasi 10 SMK Jejaring PPKS di DIY baik SMK Negeri maupun Swasta di antaranya SMK N 3 Yogyakarta, SMK Perindustrian Yogyakarta, SMK PIRI 1 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, SMK N 2Depok, SMK N 2 Wonosari, SMK N 1 Ponjong, SMK N 2 Gedangsari, SMK Muhammadiyah1 Bantul, dan SMK Muhammadiyah 1 Imogiri, Bantul. Ke depan Job Matching inibisa dilaksanakan di 10 SMK Jejaring secara berkesinambungan dengan bekerjasama. Harapannya dengan kerja sama ini semua PPKS saling bersinergi tolong menolong mengurangi angka pengangguran lulusan SMK, khususnya lulusan 10 SMKJejaring ini .

     Job Matching SKADUTA (JMS) I ini diikuti oleh 11 DUDI secara luring dan 8DUDI secara Online. Semoga layanan PPKS/BKK kali ini dapat memuaskan para pengguna layanan JMS baik bagi perusahaan/instansi pengguna lulusan maupun para peserta pengunjung kata Waka Humas yang enerjik ini.