Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
MPLS DAN MPKPDB SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA RESMI DITUTUP
        Membentuk Insan yang berkarakter, berbudaya luhur, dan berjiwa pancasila. Ya, itulah tema dari sebuah kegiatan tahunan yang selalu diselenggarakan oleh SMK Negeri 2 Yogyakaeta bekerja sama dengan OSIS dan berbagai organisasi Kesiswaan lain.
Dilakaanakan pada 17,18,19 Juli 2017 di Kampus SMK N 2 Yogyakarta, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru (MPLSPDB) tahun ini dikemas berbeda dan tentunya menarik untuk diikuti sebagai sarana Peserta Didik Baru untuk dapat mengenal lebih dalam tentang sekolah yang akan menemani mereka selama 3 atau 4 tahun kedepan. Karena perjuangan mereka untuk dapat dikatakan Siswa SMK tidaklah mudah, jadi pantas mereka disambut sebagai generasi penerus ilmu dan bangsa.
            Kegiatan diawali dengan Upacara Pembukaan Tahun Ajaran yang dilaksanakan secara bersama dengan seluruh siswa baik kelas X, XI, maupun XII yang tidak terikat Praktik Industri. Bertempat di Lapangan besar upacara berlangsung khidmat dipimpin oleh Kepala SMK N 2 Yogyakarta, Bapak Drs. Sentot Hargiardi MM. Banyak pesan dan upacara ini menjadi awal mereka diterima sebagai siswa Sekolah Menengah Kejuruan.
MPLSPDB tahun ini mengedepankan karakter yang kuat bagi siswa ditambah dengan tidak meninggalkan budaya-budaya luhur yang dimiliki khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak bentuk kegiatan yang terlaksana sebagai upaya untuk menciptakan siswa yang berkarakter, berbudaya luhur, dan berjiwa pancasila. Bentuk kegiatan yang ada pada MPLSPDB tahun 2017 ini meliputi Pengenalan Lingkungan Sekolah, Diklat etika siswa dalam keseharian, Pengenalan Jurusan, dan Pengenalan dan pengamalan Budaya luhur.
        Selama 3 hari siswa diajak untuk terbiasa dengan kesehaian sebagai seorang siswa SMK N 2 Yogyakarta, disetiap pagi mereka diharuskan mengikuti apel pagi, kemudian dilanjutkan dengan berbagai materi menarik yang disampaikan oleh para pemateri yang juga handal di bidangnya.
Kegiatan MPLSPDB yang menjadi awal perjuangan mereka resmi ditutup pada Hari Rabu tanggal 19 Juli 2017 oleh Wa Ka Kesiswaan Bapak Agus Sulistya S.Pd. Para siswa telah mengikuti kegiatan dengan baik tanpa ada masalah besar.
         Namun, kegiatan mereka belum usai, Masa Penguatan Karakter Peserta Didik Baru (MPKPDB) menjadi kegiatan yang harus PDB  lalui setelah MPLS usai. Kegiatan ini menjadi pembeda dari kegiatan awal tahun ajaran tahun tahun sebelumnya.
        Dengan mengusung tema yang sama dengan MPLSPDB yaitu Membentuk Insan yang berkarakter, berbudaya luhur, dan berjiwa Pancasila, kegiatan ini Resmi dibuka pada Kamis, 20 Juli 2017 dan Ditutup pada Rabu, 26 Juli 2017 atau terlaksana selama 6 hari.
        Para Peserta Didik Baru benar-benar ditanamkan karakter dan rasa cinta tanah air. Terlebih, acara ini juga mendatangkan Pemateri dari TNI yang semakin membuat menarik dan diharapkan dapat menciptakan siswa yang sesuai dengan apa yang diharapkan.
        Para peserta setuap harinya diberikan berbagai materi yang mampu menguatkan karakter siswa sebagai seorang pelajar dan manusia Indonesia. Dengan berbagai kegiatan dan materi serta pemateri yang berkompeten dan handal seperti pengetahuan anti vandalisme, etika lalu lintas, bahaya narkoba, PDB juga diajak untuk mengenal sekaligus mengamalkan budaya Jawa seperti pemakaian busana adat gagrak Ngayogyokarto, PDB juga diberikan materi tentang pendidikan dasar HAM, orientasi dasar Kepramukaan, inspirasi oleh alumni, dan yang pasti ada Wawasan Kebangsaan yang dikemas secara khidmat, menari, oleh TNI sebagai pemateri utama.
        Dihari terakhir sebelum MPKPDB ditutup, para Peserta sejak awal diberi materi tentang Pengenalan Organisasi Sekolah. Belasan organisasi kesiswaan tampil dalam acara promosi dan inagurasi organisasi SMK N 2 Yogyakarta, disini berbagai keahlian dari setiap organisasi ditampilkan, menarik minat para PDB untuk bergabung dan menyalurkan bakat/hobi serta sebagai sarana menambah ilmu non akademik. Para peserta MPKPDB antusias menyaksikan dan benar-benar tertarik. Terbukti, setelah promosi usai, acara dilanjutkan dengan Stanisasi Organisasi, disini para PDB dipersilahkan mencari tau lebih dalam dan mengambil formulir organisasi yang akan mereka ikuti.
        Dan akhirnya MPKPDB selama 6 hari ditutup dalam Upacara Penutupan oleh Bapak Agus Sulistya S.Pd pada Rabu, 26 Juli 2017. Dengan ditutupnya MPKPDB ini diharapkan semua peserta dapat mengambil berbagai pelajaran dan ilmu yang positif, baik saat MPLSPDB maupun MPKPDB berlangsung. Lalu, PDB dipersilahkan untuk mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar seperti biasa sesuai dengan Kompetensi Keahlian masing-masing. (-AlandAryaguna)