Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
MPLS DAN MPKPDB SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN 2018
        MPLSPDB atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru SMK N 2 Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 16,17,18 Juli 2018. Pembukaan kegiatan ini dengan upacara bendera yang diikuti seluruh siswa SMK N 2 Yogyakarta dan SMK N 3 Yogyakarta. Di akhir upacara tersebut dilakukan penyematan tanda peserta didik baru oleh Bapak Dodot Yuliantoro, S.Pd, MT kepada wakil peserta MPLS SMK N 2 Yogyakarta dan SMK N 3 Yogyakarta, sekaligus pelepasan empat ekor burung merpati putih sebagai tanda dibukanya MPLSPDB 2018.

    Tema MPLSPDB tahun ini adalah “Membentuk insan yang beriman, berkarakter, berbudaya luhur, berjiwa pancasila dalam era global”. Selama MPLS, peserta didik baru dikenalkan lebih dalam tentang sekolah, seperti visi misi sekolah sekolah, tata tertib sekolah, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, peserta didik dikenalkan dengan budaya Yogyakarta melalui pemahaman pakaian gagrak Ngayogyakarta. Diharapkan peserta dapat melestarikan budayanya sendiri.

    Peserta didik baru juga dituntut untuk terbiasa mengikuti aturan di SMK N 2 Yogyakarta seperti datang sebelum pukul 06.45 WIB, jika melanggar akan dikenakan konsekuensi. Di hari terakhir MPLSPDB, peserta dikenalkan dengan gedung-gedung di SMK N 2 Yogyakarta. diharapkan, peserta mengenal sekolahnya yang akan mereka gunakan selama 3 sampai 4 tahun ke depan. MPLSPDB resmi ditutup pada tanggal 18 Juli 2018 oleh Bapak Agus Sulistya S.Pd.

    Perjalanan peserta didik baru masih terus berlanjut dengan adanya MPKPDB atau Masa Penanaman Karakter Peserta Didik Baru selama 6 hari. Pada MPKPDB ini peserta dibimbing oleh TNI dari Dodik Bela Negara. Peserta diajarkan bagaimana menjadi siswa yang disiplin dan berkarakter pancasila. Mereka juga diajarkan tentang baris berbaris dan sikap yang benar saat upacara berlangsung. Yang membedakan  MPKPDB tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah dilaksanakannya kegiatan menginap di sekolah untuk membulatkan tekad peserta didik baru.MPKPDB selesai dan ditutup pada tanggal 25 Juli 2018 oleh TNI saat apel sore. Diharapkan usainya MPLS dan MPKPDB tahun ini dapat menjadikan siswa yang disiplin, beriman, dan berkarakter pancasila.


( Listya Dewi & Maiya Arsya )