Selamat bergabung dengan Keluarga Besar Civitas Akademika SMKN 2 Yogyakarta. Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
PEMBEKALAN KELAS INDUSTRI PT. CIPTA FUTURA SMK N 2 YOGYAKARTA

    Kamis, 15 Oktober 2020 bertempat diAula SMK N 2 Yogyakarta diadakan Webinar antara SMK N 2 Yogyakarta dengan AAUIYogyakarta dimana SMK N 2 Yogyakarta terpusat di Aula dengan protokolerPencegahan Covid-19 yang sangat ketat sedangkan pihak AAUI Yogyakarta di kantorAsuransi Sinar Mas. Dalam acara tersebut yang diundang adalah siswa kelas Xsemua kompetensi keahlian SMK N 2 Yogyakarta yang sudah terpilih dari 828 siswahanya dipilih 115 siswa berdasarkan minat dan keseriusan setelah lulus dari SMKN 2 Yogyakarta untuk bekerja yang akan disiapkan sebagai kelas industry PT. CiptaFutura. Untuk yang kesekian kalinya SMK N 2 Yogyakarta menggandeng industrydengan program khusus kelas industry, MitsubishiSchool Program after sales service (M-STEP1) dari PT. MMKSI, MitsubishiSchool Program Manufacturing dengan PT. MMKI, Komatsu class Asembling, KomatsuClass Welding , PT. IndonesiaIndicator, PT. TSM , dll. Sesuai dengan amanah dari Dirjen VokasiKemendikbud Bapak Wikan Sakarinto, SMK Saat ini harus banyak banyak bermitradengan IDUKA sebagai wujud pernikahan massal yang dicanangkan Dirjen Vokasi.Hal ini sebagai salah satu langkah untuk mengentaskan pengangguran yang menurutdata BPS SMK adalah penyumbang pengangguran terbesar prosentasenya. 


    115 siswa pilihan dari semuakompetensi keahlian ini diproyeksikan akan dikelola secara khusus sebagai kelasindustry PT. Cipta Futura dengan kurikulum integrasi yang telah dibicarakanantara SMK N 2 Yogyakarta dengan perusahaan. Salah satu isi dari kurikulumintegrasi dari PT. Cipta Futura adalah karakter kepribadian, soft skill, hard skill , sehat Jasmanidan rohani, Analisa dan logika matematika, Bahasa Inggris Aktif, danNasionalisme terhadap bangasa dan Negara melalui sejarah kejayaan NusantaraIndonesia. Dengan kompetensi ini diharapkan para lulusan kelas industry iniakan mampu menjadi sosok yang tangguh, berwawasan luas, mental pantang menyerahdan cinta tanah air.


    Dalam pembekalan ini di sampaikanproyeksi karir di perusahaan PT. Cipta Futura yang menerapkan manajemenMeritrokrasi yaitu kesejahteraan karyawan/anggota sangat dipengaruhi olehprestasi personal dalam bekerja tanpa dipengaruhi oleh ijazah pendidikanformal. Maka dalam pembekalan kelas X ini disampaikan bahwa memberikan motivasikepada siswa kelas X yang baru saja masuk SMK agar segera dapat menproyeksikandiri setelah lulus dari SMK N 2 Yogyakarta.

    Selain itu dari AAUI Yogyakarta115 siswa kelas industry PT. Cipta Futura mendapatkan bantuan asuransikecelakaan diri sebagai wujud CSR dari AAUI dan bagi siswa sebagai tindakanpreventif secara finansial untuk antisipasi kecelakaan diri sebagai siswa yangbersekolah di SMK yang selalu berhadapan dengan potensi bahaya setiap saat,baik saat KBM .