Selamat bergabung dengan Keluarga Besar Civitas Akademika SMKN 2 Yogyakarta. Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
SISWA SMK N 2 YOGYAKARTA DI UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI OLEH KEMENTERIAN PUPR
    Senin, 26 April 2021 di Aula SMK N 2 Yogyakarta dilakukan SWAB test Antigen Covid-19 oleh rumah sakit Siloam yang merupakan mitra dari Balai Jasa Konstruksi wilayah IV Surabaya Kementerian PUPR. Hal ini merupakan rangkaian dari uji kompetensi sertifikasi bagi:
1. Siswa kelas XII Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) untuk sertifikasi Juru gambar/Draftman Arcitecture (TA003).
2. Siswa kelas XII Geomatika untuk sertifikasi Juru Ukur/Teknisi Survey Pemetaan (TS004).
3. Siswa kelas XIII Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan (KGSP) untuk sertifikasi Pelaksana Lapangan Gedung (TS052).
    Di masa pandemic ini semua harus diantisipasi agar semua sehat dan aman tidak terpapar dari Covid-19, mengingat penguji uji sertifikasi kompetensi ini datang langsung dari Surabaya. Uji sertifikasi kompetensi ini akan dibuka pada hari Selasa, 27 April 2021 dan akan berlangsung selama seharian. Siswa keseluruhan yang mengikuti uji sertifikasi kompetensi adalah berjumlah 145 siswa. 
    Tujuan sertifikasi kompetensi ini adalah untuk pengakuan kompetensi siswa selama belajar di SMK N 2 Yogyakarta selama 3 tahun bagi siswa XII DPIB dan XII Geomatika, serta selama 4 tahun bagi siswa XIII KGSP. Sehingga alumni SMK N 2 Yogyakarta walaupun di masa pandemic ini diharapkan mampu bersaing di dunia kerja dengan sertifikat yang diperoleh dari Kementerian PUPR dan merupakan bukti hitam di atas putih pengakuan kompetensi mereka.
    Sinkron dengan tujuan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahwasannya sekarang ini SMK harus mampu membekali lulusannya untuk mampu bersaing dan berkiprah nyata di dunia kerja, mulai dari sinkronisasi kurikulum, magang siswa dan guru, sertifikasi dan penempatan kerja.
    Senada yang disampaikan bapak Dodot Yuliantoro, S.Pd, MT selaku kepala sekolah SMK N 2 Yogyakarta, bahwa Tujuan SMK memang harus bisa menghantarkan lulusannya sesuai cita cita karirya, yaitu bekerja atau wirausaha, sehingga kedepan mampu berkiprah dalam pembangunan bangsa tercinta ini.