Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK BERBASIS INDUSTRI/KEUNGGULAN WILAYAH “MENUJU CAD/CAM CLASS”
SMK Negeri 2 Yogyakarta merupakan salah satu dari 219 SMK di Indonesia yang termasuk dalam Program Revitalisasi SMK oleh Pemerintah. SMK Negeri 2 Yogyakarta kemudian mendapat bantuan-bantuan dari pemerintah terkait dengan program revitalisasi SMK, salah satu bantuan yang diterima adalah “Program Pengembangan SMK Berbasis Industri/Keunggulan Wilayah”. Program ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan dengan pendekatan pengelolaan pendidikan berbasis industri/keunggulan wilayah, yaitu Pengelolaan SMK dengan mengimplementasikan prinsip-prinsip kualitas yang diterapkan industri ke dalam proses pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki hard skill dan soft skill sesuai tuntutan kompetensi kerja yang dibutuhkan dunia industri. Dalam program pengembangan SMK Berbasis Industri/ Kunggulan Wilayah ini, SMK Negeri 2 Yogyakarta memilih keahlian teknik pemesinan untuk melaksanakannya, yang bermita industri dengan PT. Yogya Presisi Tehnikatama Industri (YPTI) yang beralamat JL. Dhuri, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. PT. YPTI bergerak dalam pengecekan fixture, cetakan, injeksi plastik, dan koponen presisi yang menggunakan teknologi CNC terbaru.
Kegiatan yang dilaksanakan pada Program Pengembangan SMK Berbasis Industri / Keunggulan wilayah antara lain
1. Analisis peta kebutuhan industri atau keunggulan wilayah.
2. Penyelarasan kejuruan untuk mewujudkan kurikulum yang link and match dengan industri.
3. Penyusunan instruksi kerja sistem pembelajaran SMK, penerapan 5R / 5S dan penggunaan APBD standar.
4. Workshop penyusunan modul, RPP, pembelian dan perbaikan alat, pembelian bahan dan magang guru dan uji kompetensi guru.
5. Realisasi produk barang atau jasa yang sesuai dengan industri / keunggulan wilayah.
6. Exsplorasi pembelajaran kewirausahaan.
Dalam kegiatan ini terdapat sepuluh stand termasuk dari stand sangaji technopark, jurusan, juga OSIS dan ekstrakulikuler di SMK N 2 Yogyakarta. Pada kegiatan explorasi pembelajaran kewirausahaan ini juga diadakan “Launching produk yang berbasis industri” dengan nama produk “Valve oil and Gas” , yang nantinya akan subkan dan dibuat di SMK N 2 Yogyakarta jika memenuhi standar dan kualitas industri. 
Selain itu juga diadakan peresmian Ruang Praktek Siswa (RPS) oleh Bpk Drs. Kadarmanta Baskara Aji. Kepala Dinas Dikpora DIY. Ruang praktik siswa yang diresmikan terdapat 2 lantai. Untuk lantai 1 digunakan untuk bengkel pemesinan bubut dan pemesinan frais sedangkan lantai 2 direncanakan untuk laboratorium CAD / CAM. CAD / CAM class merupakan satu satunya yang ada diwilayah DIY yang bertujuan mempersiapkan “Programer dan Operator” di industri manufaktur untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.