Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


Kurikulum

KURIKULUM SMKN 2 YOGYAKARTA
SMK N 2 Yogyakarta menerapkan Kurikulum 2013 mulai tahun pelajaran 2013/2014 untuk kelas X, lalu tahun pelajaran 2014/2015 untuk kelas X dan kelas XI, kemudian pada tahun pelajaran 2015/2016 dan 2016/2017 ini untuk kelas X, XI dan kelas XII sepenuhnya mengimplementasi Kurikulum 2013.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMK Negeri 2 Yogyakarta ini menjadi acuan dan pedoman bagi guru dalam  merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran peserta didik, serta penilaian hasil pendidikan di SMK Negeri 2 Yogyakarta.


KALENDER PENDIDIKAN TAHUN AJARAN 2016/2017

STRUKTUR KURIKULUM SMK2 YK
Struktur kurikulum  sesuai Lampiran 1. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Nomor    : 1464/D3.3/KEP/KP/2014 Tanggal    : 16 Juni 2014
Ada 9 kompetensi keahlian yang ada di SMK 2 Yogyakarta, yang semua kompetensi telah di sinkronkan dengan kebutuhan industri (DUDI) yang terkait langsung dengan pengguna lulusan sesuai kompetensi keahlian. Sedang Struktur kurikulum yang dimaksud dapat dilihat dalam daftar sebagai berikut:
   
STRUKTUR KURIKULUM SMKN 2 YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017
BIDANG  KEAHLIAN         :  TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM  KEAHLIAN    :  GEOMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN: GEOMATIKA


BIDANG  KEAHLIAN          :  TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM  KEAHLIAN      :  TEKNIK BANGUNAN
KOMPETENSI KEAHLIAN : TEKNIK GAMBAR BANGUNAN

BIDANG  KEAHLIAN        :  TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM  KEAHLIAN    :  TEKNIK BANGUNAN
KOMPETENSI KEAHLIAN: TEKNIK KONTRUKSI BATU DAN BETON

BIDANG  KEAHLIAN        :  TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM  KEAHLIAN    :  TEKNIK KETENAGALISTRIKAN
KOMPETENSI KEAHLIAN: TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK

BIDANG  KEAHLIAN        :  TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM  KEAHLIAN    :  TEKNIK ELEKTRONIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN: TEKNIK AUDIO VIDEO

BIDANG  KEAHLIAN        :  TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM  KEAHLIAN    :  TEKNIK MESIN
KOMPETENSI KEAHLIAN: TEKNIK PEMESINAN

BIDANG  KEAHLIAN        :  TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM  KEAHLIAN    :  TEKNIK OTOMOTIF
KOMPETENSI KEAHLIAN: TEKNIK KENDARAAN RINGAN

BIDANG  KEAHLIAN        :  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM  KEAHLIAN    :  TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN: TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

BIDANG  KEAHLIAN        :  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM  KEAHLIAN    :  TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN: MULTI MEDIA

JADWAL  PEMBELAJARAN
Dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMKN 2 Yogyakarta selalu mengedepankan proses pembentukan karakter peserta didik.  Semua mapel yang ada dalam struktur kurikulum  para Bapak  dan ibu guru wajib menanamkan nilai nilai budi pekerti dan memberikan contoh suri-tauladan   dalam rangka menumbuhkan karakter dan nilai  akhlakul karimah  pada setiap peserta didik agar menjadi siswa yang mempunyai karakter yang positip dalam membantu menumbuhkembangkan minat dan bakat pada diri peserta didik. Seluruh warga sekolah menjadi suritauladan dan panutan bagi para peserta didik. Sehingga semua warga SMKN 2 Yogyakarta menjadi keharusan melaksanakan ajaran sesuai agama yang dianutnya masing-masing. Semua guru disesuaikan dengan kompetensinya untuk mengajar mapel sesuai struktur kurikulum. Maka program tersebut dituangkan dalam jadwal kegiatan siswa mulai dari masuk lingkungan sekolah, proses KBM dan  sampai pulang meninggalkan sekolah, ada kegiatan Imtaq/Tadarus, Literasi, KBM, Ekstrakurikuler. KBM pada umumnya mulai jam ke 1 s.d jam ke 12, sesuai jadwal yang diatur sekolah mulai pagi 06.45 sampai dengan  paling sore 17.00. Secara umum diatur diatur sebagai berikut:

Kegiatan Literasi semua warga sekolah baik guru, karyawan dan siswa wajib membiasakan membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum KBM dimulai khusus pada hari Senin dan hari Rabu. Hari  Senin minggu 2 dan 3 pada saat tidak ada Upacara Literasi dilanjutkan  perwalian oleh wali kelas. Selain hari tersebut untuk kegiatan Imtaq siswa guru dan karyawan kurang lebih 15 menit. Kegiatan Ekstrakurikuler sesuai pilihan sesudah jam pelajaran . pada umumnya siswa mengikuti ekstrakurikuler pada sore hari antara jam ke 10 s.d jam ke 12 (2 JPL) sesuai jadwal masing masing siswa.
EVALUASI
SMK N 2 Yogykarta dalam proses evaluasi sesuai jadwal yang telah diatur sekolah antara lain Penilaian Harian (PH),  Penilaian Tengah Semester (PTS),  Penilaian Akhir Semester (PAS)  dan Penilaian  Akhit Tahun (PAT). Penilaian yang sehubungan dengan kompetensi keahlian telah diselenggrakan penilaian oleh LSPP1 dan juga Ujian Praktek Kejuruan (UPK)  oleh DUDI yang relevan dan penguji internal y6ang telah memiliki sertifikat dari BNSP di akhir tingkat sesuai POS UN. Untuk Ujian sekolah dan juga Ujian Nasional. Untuk kegiatan Try out harian, UN telah berbasis CBT, untuk kegiatan Usek ada yang berbasis PBT dan CBT.
Sistem penilaian semua dengan menggunakan IT dengan SAMS (System Adminstrsi Manajemen Sekolah)  Semua guru SMKN 2 Yogykarta dapat memasukan nilai dari mana saja dan kapan saja.

KENAIKAN KELAS
Penentuan kenaikan kelas dan kelulusan peserta didik berpedoman pada Permendikbud No. 53 Tahun 2015, Panduan Penilaian pada SMK Tahun 2015 (Dirjen Dikdasmen) dan Permendikbud No. 144 tahun 2015. Adapun di SMK N 2 Yogyakarta Kriteria kenaikan Kelas dan Kelulusan sebagai berikut:
A.    Kenaikan  Kelas
        Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur oleh      satuan  pendidikan . Siswa dinyatakan naik dari tingkat X ke tingkat XI, dan dari tingkat XI ke tingkat XII, apabila memenuhi kreteria sebagai berikut :
a.    Semua Kompetensi Dasar (KD)  tiap mata pelajaran yang diprogram dalam dua semester tahun pelajaran    yang diikuti telah memenuhi ketuntasan belajar pada kompetensi Pengetahuan dan Ketrampilan (>76), Nilai Kompetensi sikap minimal baik (B) dan Nilai Ekstrakurikuler kepramukaan minimal Baik.
b.    Jika Siswa pada kelas X dinyatakan tidak naik dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi sebagai calon peserta didik baru pada tahun pelajaran berikutnya. Apabila siswa dikelas XI dinyatakan tidak naik, siswa tersebut diberi hak untuk mengulang satu kali pada kelas yang sama, dan apabila kelas XII tidak lulus, maka siswa tersebut mempunyai hak untuk mengulang satu kali pada kelas yang sama.

B.    Kelulusan
Adapun untuk persyaratan kelulusan, sesuai dengan ketentuan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015, peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:
1.    menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
2.    memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;
3.    lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
4.    Telah mengikuti Ujian Nasional sesuai POS UN  Tahun 2017