Selamat bergabung dengan Keluarga Besar Civitas Akademika SMKN 2 Yogyakarta. Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
Ekspedisi Sispala TMC SMKN 2 Jogja Berhasil Jelajahi Empat Gunung di Jawa Tengah

Siswa Pecinta Alam Technical Mountaineering Club (Sispala TMC) SMKN 2 Kota Jogja berhasil melakukan ekspedisi empat gunung di Jawa Tengah. Empat gunung ikonik yang berhasil didaki ialah puncak Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu, dan Merbabu.

Kepala Sekolah SMKN 2 Yogyakarta Dodot Yuliantoro mengatakan, ekspedisi dilaksanakan mulai 15 hingga 17 Agustus 2023 dalam rangka memperingati HUT Ke-4 SMKN 2 Jogja. Sekaligus,  peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI. 

"Perjalanan menuju puncak bukanlah tugas yang mudah. Menghadapi medan yang bervariasi dan cuaca yang tidak bisa diprediksi, anggota TMC menunjukkan kerja tim yang luar biasa dan dedikasi yang tak tergoyahkan," ujarnya, Senin (21/8/2023).

Dodot mengatakan, selama ekspedisi berlangsung, Sispala TMC dipastikan terlibat dalam kegiatan yang fokus pada tanggung jawab terhadap lingkungan. Mereka dituntut agar menerapkan praktik baik terhadap lingkungan, termasuk manajemen limbah dan inisiatif-restorasi lingkungan.

"Ekspedisi ini adalah bukti komitmen SMK Negeri 2 Jogja untuk memberikan pendidikan holistik kepada para siswa. Melalui pengalaman seperti ini, siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, meningkatkan komunikasi, dan menumbuhkan rasa patriotisme yang mendalam," jelasnya.

Di siai lain, puncak acara HUT ke-74 SMKN 2 Jogja dan Prinses Juliana School ke-104 juga diwarnai dengan Pentas Wayang Kulit Sebabak dengan Lakon Sesaji Kalaludra dengan Dalang Ki Raga Budi Panuntun. Ada dagelan Dalijo Angkringan dan Erli Gayeng.

"Dengan persembahan Wayang Kulit ini menandakan SMKN 2 Jogja tahun ini sebagai sekolah pusat keunggulan akan semakin maju menatap masa depan dalam mencetak generasi bangsa yang unggul dengan budaya adiluhung," ujar Dodot.

Terpisah, Ketua Panitia Dies Natalis Ke-74 SMKN 2 Jogja Nuzul Andi Kisworo mengatakan, acara sukses digelar berkat kolaborasi keluarga besar SMKN 2 Jogja dan perusahaan mitra.

"Harapannya dengan puncak acara ini menjadi tonggak sekolah menuju sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, dengan tema Skaduta Go Green For Passion," ujarnya.