Selamat bergabung dengan Keluarga Besar Civitas Akademika SMKN 2 Yogyakarta. Selamat datang di website SMK N 2 Yogyakarta. Silakan manfaatkan berbagai layanan yang kami sediakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah berkunjung.


 
SMK N 2 Yogyakarta Gelar Aksi SKADUTA, 50 Ojol Dapat Cuci Hingga Cek Motor Gratis

Aksi SKADUTA telah menjadi program tahunan OSIS MPK SMK Negeri 2 Yogyakarta untuk meningkatkan solidaritas sebagai cerminan pelajar SMK Negeri 2 Yogyakarta yang baik.

Adapun aksi SKADUTA kali ini telah memberikan pelayanan ganti oli gratis & cuci motor gratis ke para Pejuang Jalanan yang berjuang untuk nafkah keluarga yang dalam hal ini menyasar pada driver Ojek Online (Ojol).Sasaran Ojol ini pun merupakan respon siswa terhadap kehidupan sekitar sekolah, lantaran Ojol selalu memberikan manfaat bagi siswa sebagai sarana transportasi berangkat & pulang sekolah.

Selain itu, kegiatan ini juga mencerminkan Merdeka Belajar bagi anak anak untuk memberikan Suara (Voice), pilihan (Choiche) dan Kepemilikan sebuah kegiatan (Ownership), karena kegiatan ini dirancang, dilakukan dan ditindak lanjuti oleh murid murid khususnya yang tergabung dalam OSIS dan MPK Skaduta 2023. Dalam kegiatan kali sebagai ketua mas Talent Alta Arganindiya kelas X DKV 2.

“Siswa siswi SMK Negeri 2 Yogyakarta (SKADUTA) bekerja sama dengan Astra Honda Motor Jombor, Rocket Chiken dan Harian jogja memberikan kesempatan kepada 50 Ojek Online untuk ganti oli mesin dan cuci motor gratis di dalam sekolah. Oli yang dipakai oli matic, jadi khusus Ojol dengan motor matic,” kata Bapak Kepala Sekolah Dodot Yuliantoro, S.Pd.MT

Sumber dana dari sekolah bekerjasama dengan sponsorship & Donatur dari dalam & luar sekolah. Kegiatan ini juga mengangkat peran dari siswa TKR SKADUTA (Teknik Kenderaan Ringan) untuk menerapkan ilmu jurusannya, dengan membuka sposor kerjasama dengan ahli dari luar sekolah seperti dealer motor, bengkel motor, dan lainnya

Dodot menilai kegiatan ini sangat baik sebagai tanggung jawab sosial sekolah kepada masyarakat.

“Ojek online ini sangat membantu sekolah terutama sebagai penyambung transportasi bagi sebagian murid untuk berangkat dan pulang dari sekolah. Disamping hal itu bisa melatih murid murid untuk belajar berorganisasi, sosial dan mengelola sebuah kegiatan,” paparnya.

Salah satu Ojol Grab, Dedi menuturkan kegiatan ini sangat membantu para ojek online karena bisa mengurangi pengeluaran bulanan dalam merawat motor.

Sementara Bapak Harika dari Ojol Gojek mengatakan kegiatan seperti ini sangat mendidik karena diajarkan untuk respon terhadap sosiali dan juga untuk pembelajaran besok setelah lulus agar tidak kaget dan sudah terbiasa dengan dunia kerja.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat juga untuk para ojek online sekarang itu ibaratnya perekonomiannya menurun drastis akan membantu ekonomi keluarga,” pungkasnya.